KONEKSI ANTAR MATERI 

MODUL 3.1

Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

                                             Norhayathi Luther,S.Pd
                                                          CGP ANGKATAN 11

                                                                KABUPATEN BULUNGAN

PERTANYAAN PEMANTIK
                                                
                                                         Bacalah Kutipan ini dan tafsirkan apa maksudnya:
                                          
                                             
                                           
                                 "Mengajarkan anak berhitung itu baik, namun mengajarkanmereka
                                                     apa yang berharga/utama adalah yang terbaik"
                                 (Teaching kids to count is fine but teaching them what countsis best)

                                                                            Bob Talbert

1 .Dari kutipan tersebut, apa kaitannya dengan proses pembelajaran yang sedang Anda pelajari saat ini?

        Berdasarkan kutipan tersebut, tersirat makna bahwa segala sesuatu harus dipelajari dari hal yang paling mendasar/utama. Dalam materi pengambilan Keputusan berbasis nilai-nilai Kebajikan sebagai pemimpin, hal yang paling mendasar yang perlu dipelajari adalah terkait dengan etika. Etika akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan, karena bersumber dari nilai-nilai kebajikan universal. Selain nilai kebajikan, dasar dari pengambilan keputusan adalah berpihak pada murid dan harus bertanggungjawab, sehingga saat dasar pengambilan keputusan sudah dikuasai, maka permasalahan apapun akan lebih mudah dan lebih terarah dalam menemukan solusi permasalahan dan pengambilan keputusannya.

2. Bagaimana Nilai-nilai atau Prinsip-prinsip yang kita anut dalam suatu pengambilan keputusan dapat memberikan dampak pada lingkungan kita?
        Prinsip yang dianut dalam Pengambilan Keputusan diantaranya berpikir berbasis hasil akhir, peraturan dan rasa peduli, ketiganya disesuaikan dengan kondisi dan situasi yang terjadi. Apapun prinsip yang dianut tetap harus bersumber dari nilai-nilai kebajikan universal, sesuai dengan dasar pengambilan keputusan. Dengan mengacu pada prinsip dan nilai yang sesuai, maka kita akan mengambil keputusan yang lebih adil, bijaksana dan berpihak pada murid sehingga akan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan tempat kita berada.

3. Bagaimana Anda sebagai seorang pemimpin pembelajaran dapat berkontribusi pada proses pembelajaran murid, dalam pengambilan keputusan anda?

        Dalam proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan akan ada saja masalah yang terjadi didalam kelas. Sebagai pemimpin pembelajaran, kita harus senantiasa peka terhadap segala persoalan yang terjadi, dan mampu mengatasinya dengan baik, sesuai dengan dasar pengambilan Keputusan diantaranya berpihak pada murid, bersumber pada nilai-nilai Kebajikan dan harus bertanggungjawab, secara tidak langsung, kita telah  memberikan contoh teladan kepada murid tentang cara Pengambilan Keputusan yang tepat, adil, arif, dan tidak subjektif. 

4. Menurut anda, apakah maksud dari kutipan ini jika dihubungkan dengan proses pembelajaran yang telah anda alami di modul ini? Jelaskan pendapat anda.

                            Education is the art of majing man ethical.
        Pendidikan adalah sebuah seni untuk membuat manusia menjadi berperilaku etis.
                                    -Georg Wilhelm Friedrich Hegel-

        Orang yang berpendidikan akan memiliki etika dibanding orang yang tidak berpendidikan. Dengan beretika, maka segala perilaku akan sesuai dengan norma, nilai dan hukum yang berlaku. Sehingga dengan berperilaku etis sesuai dengan etika dalam pendidikan, maka akan mempermudah dalam proses pembelajaran maupun pengambilan keputusan.


RANGKUMAN KESIMPULAN PEMBELAJARAN
KONEKSI ANTAR MATERI


Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan Keputusan sebagai seorang pemimpin?

        Proses pengambilan keputusan yang dilakukan seorang pemimpin harus dapat memberikan contoh teladan yang baik bagi yang pimpinannya (Ing Ngarsa Sung Tuladha). Hasil keputusan harus mampu membangkitkan semangat untuk terus melakukan inovasi dalam melakukan pengambilan keputusan yang berpihak pada murid  (Ing Madya Mangun Karsa) dan seorang pemimpin harus terus memberikan motivasi/bimbingan saat melakukan proses pengambilan Keputusan (Tut Wuri Handayani)agar diperoleh hasil sesuai dengan yang diharapkan.

        Bagaimana materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan 'coaching'(bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitatordalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan Keputusan yang telah kita ambil? Apakah Pengambilan Keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaandalam diri kita atas pengambilan Keputusan tersebut? Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi 'coaching' yang telah dibahas pada sebelumnya.

Kegiatan coaching (bimbingan) yang diberikan pendamping/fasilitator dapat menjadi bekal dalam melakukan proses pengujian Keputusan secara bertahap menggunakan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Coaching dilakukan dengan memenuhi kompetensi inti diantaranya Kehadiran Penuh(presence), mendengarkan aktif dan mengajukan pertanyaan berbobot. Saat melakukan pengujian Keputusan pun sebaiknya menggunakan kompetensi inti coaching tersebut, sehingga kita dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya dari permasalahan yang ditemui. Pengambilan keputusan menggunakan 9 langkah pengujian akan efektif jika diimbangi dengan pendekatan coaching dan dilakukan dengan kolaboratif dengan berbagai pihak. 

        Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan berpengaruh terhadap pengambilan suatu Keputusan khususnya masalah Dilema Etika.

Guru yang memiliki kemampuan dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan memiliki kesadaran diri untuk memahami perasaan, emosi dan nilai diri sendiri, memiliki manajemen diri sehingga mampu mengelola emosi dan perilaku, memiliki kesadaran sosial sehingga mampu memahami sudut pandang dan dapat berempati dengan orang lain, memiliki ketrampilan berelasi sehingga dapat dapat berkomunikasi dengan lebih efektif, dan dapat mengambil Keputusan yang bertanggungjawab. Masalah yang terkait dilema etika akan diselesaikan dengan kepala dingin dan hati yang tenang, sehingga pengambilan keputusan dapat berjalan sesuai dengan langkah yang sistematis.

        Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik?

        Studi kasus yang berkaitan dengan moral /etika harus didasari dengan nilai-nilai yang dianut seorang pendidik berupa nilai-nilai Kebajikan yang bersifat universal diantaranya keadilan, keselamatan, tanggungjawab, kejujuran, rasa syukur, lurus hati dll. Dilema etika harus di analisis menggunakan paradigma, prinsip dan 9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan dengan didasari dengan nilai-nilai Kebajikan tersebut.
 
        Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

Pengambilan keputusan yang tepat harus dilakukan dengan cara yang tepat pula, disesuaikan dengan situasi yang terjadi dengan berlandaskan nilai-nilai Kebajikan universal. Saat keputusan  yang diambil sudah tepat, maka akan tercipta lingkungan yang positif , kondusif, aman dan nyaman. Tidak ada pihak yang merasa dirugikan, semua akan mendapatkan solusi atas permasalahan yang dihadapi.

        Apakah tantangan-tantangan dilingkungan anda untuk dapat menjalankan pengambilan Keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Adakah kaitannya dengan perubahan paradigma dilingkungan anda?

        Tantangan yang ada dilingkungan saya antara lain masih kentalnya kebiasaan/budaya yang selalu dirasakan turun temurun. Saat mengambil keputusan, sulit untuk lepas dari kebiasaan tersebut, sehingga keputusan yang diambil menjadi tidak relevan. Perlu adanya perubahan paradigma. Seharusnya paradigma yang sesuai adalah kebenaran lawan kesetiaan sehingga akan menghasilkan sebuah keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita? bagaimana kita memutuskan pembelajaran yang tepat untuk potensi murid kita yang berbeda-beda?

        Pengambilan keputusan yang kita ambil harus berpihak pada murid. Dalam pembelajaran, salah satu strategi agar berpihak pada murid adalah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan kesiapan belajar, minat dan profil murid, sehingga akan tercipta Merdeka Belajar sesuai dengan potensinya yang berbeda-beda.

        Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat                                     mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?

        Dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin pembelajaran harus mempertimbangkan berbagai macam kemungkinan yang terjadi, termasuk menyangkut masa depan murid. Oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam mengambil keputusan dengan melakukan pengujian sesuai dengan langkah-langkah yang sistematis disesuaikan dengan paradigma dan prinsip yang tepat.

        Apakah kesimpulan akhir yang dapat anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan                                     keterkaitannya dengan  modul-modul sebelumnya.?


        Pengambilan keputusan haruslah dijiwai filosofi Ki Hajar Dewantara, berpegang teguh pada nilai guru penggerak salah satunya berpihak pada murid dengan berlandaskan nilai-nilai Kebajikan yang Universal. Keputusan yang diambil harus mempertimbangkan berbagai hal termasuk masa depan murid. Pengambilan keputusan berpengaruh pada pengajaran yang memerdekakan murid karena disesuaikan dengan potensinya masing-masing. Seorang pemimpin haruslah memiliki kompetensi sosial dan emosional agar dapat mengambil keputusan dengan penuh kesadaran diri, mampu mengelola emosi dan mengambil keputusan yang bertanggungjawab. Saat proses pengujian keputusan diperlukan teknik coaching agar dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya untuk mengambil keputusan.

        Sejauhmana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari dimodul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengajuan keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda diluar dugaan?
  • Perbedaan mendasar antara dilema etika dan bujukan moral dapat dilihat dari kedua pilihan kasusnya. Jika kedua pilihan sama-sama benar maka termasuk kedalam dilema etika, namun jika salah satu benar dan yang lain salah maka termasuk kedalam bujukan moral.
  • terdapat 4 paradigma dilema etika antara lain individu lawan kelompok, rasa keadilan lawan rasa kasihan, kebenaran lawan kesetiaan dan jangka pendek lawan jangka panjang.
  • Terdapat 3 prinsip dalam pengambilan keputusan yaitu berpikir berbasis hasil akhir, berpikir berbasis peraturan dan berpikir berbasis rasa peduli.
  • 9 langkah pengambilan keputusan diantaranya mengenali niali yang bertentangan, menentukan siapa yang terlibat, kumpulkan fakta yang relevan, pengujian benar atau salah, pengujian paradikma benar lawan benar, melakukan prinsip resolusi, investigasi obsitrilemma, buat keputusan, lihat lagi keputusan dan refleksikan. 
  • hal yang diluar dugaan adalah dalam melakukan pengambilan keputusan memiliki keterkaitan dengan modul lain yang telah dipelajari sebelumnya. 
        Sebelum mempelajari modul ini pernah kah anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin dalam situasi moral dilema? bilamana pernah, apa bedanya dengan apa yang anda pelajari di modul ini ?

        Pernah, namun sebelumnya saya tidak mengetahui adanya tahapan dalam pengujian dan pengambilan keputusan, sehingga keputusan diambil tanpa mempertimbangkan hal hal lain yang mungkin terjadi. saat mempelajari modul ini ternyata sebelum mengambil keputusan perlu adanya penentuan para dikma, prinsip dan menjalankan 9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan terlebih dahulu, dengan dasar nilai nilai kebajikan, berpihak pada murid dan bertanggungjawab.

        Bagaimana dampak mempelajari konsep ini buat anda, perubahan apa yang terjadi pada cara anda mengambil keputusan sebelum dan sesudah. mengikuti pembelajaran modul ini ?

Mempelajari konsep ini sangat berdampak besar bagi saya, terutama berkaitan dengan cara pengambilan keputusan yang sebelumnya tidak menggunakan langkah-langkah apapun. sekarang setelah mempelajari modul ini perlu adanya pemilihan paradikma yang tepat, prinsip  yang sesuai dan melakukan 9 langkah pengujian dan pengambilan keputusan dengan sistematis.

        Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi anda sebagai seorang individu dan anda sebagai seorang pemimpin ?

        Sangat penting mempelajari modul ini baik sebagai indifidu maupun sebagai pemimpin karena dapat mengambil keputusan yang dapat dipertanggung jawabkan dengan berlandaskan nilai-nilai kebajikan agar dapat berpihak pada murid. 


TERIMAKASIH
SALAM GURU PENGGERAK



 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini