PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK
ANGKATAN 11 KABUPATEN BULUNGAN
RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA
MODUL 2.1
NORHAYATHI LUTHER,S.Pd
" Hanya ada satu bukti dari kemampuan-tindakan."
( Marie Ebner-Eschenbach)
Tujuan Pembelajaran Khusus
CGP mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
Latar Belakang
Masih rendahnya ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas.
Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas sehingga kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda dapat terfasilitasi dengan baik.
Strategi Pembelajaran yang Akan Digunakan
Strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu strategi pembelajaran berdiferensiasi.Dengan langkah pertama yang dilakukan adalah memetakan kesiapan dan kebutuhan belajar murid.
Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi
- Memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas
- Lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar
- Manajemen kelas yang efektif
- Guru mengidentifikasi dan merespon kesiapan dan
- kebutuhan belajar murid
- Terdapat penilaian berkelanjutan
- Kesiapan Belajar
- Adanya peningkatan ketercapaian tujuan pembelajaran
- Adanya pemetaan kesiapan dan kebutuhan belajar murid
- Strategi pembelajaran yang dilakukan menggunakan diferensiasi konten, proses, serta produk.
- Melakukan penilaian berdiferensiasi sebagai tolok ukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
- Menentukan tujuan pembelajaran
- Menentukan kebutuhan belajar murid: Kesiapan,profil dan minat belajar murid.
- Gaya belajar murid:Visual,Auditori dan Kinestetik
- Strategi Diferensiasi pembelajaran
- Menyusun RPP berdiferensiasi berdasarkan pemetaan kebutuhan murid
- Melakukan pembelajaran berdiferensiasi
- Melakukan penilaian pembelajaran berdiferensiasi
- Melakukan refleksi pembelajaran
- Sumber belajar dan alat buku, papan tulis,video pembelajaran, gambar atau poster
- Tenaga; Kepala Sekolah dan rekan sejawat untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.
Komentar
Posting Komentar