PENDIDIKAN CALON GURU PENGGERAK 

ANGKATAN 11 KABUPATEN BULUNGAN 

RANCANGAN TINDAKAN AKSI NYATA 

MODUL 2.1

NORHAYATHI LUTHER,S.Pd

                                                           

                                                             " Hanya ada satu bukti dari kemampuan-tindakan."

                                                                                ( Marie Ebner-Eschenbach)

Tujuan Pembelajaran Khusus

CGP mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Latar Belakang

Masih rendahnya ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas.

Tujuan

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas sehingga kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda dapat terfasilitasi dengan baik.

Strategi Pembelajaran yang Akan Digunakan 

Strategi pembelajaran yang akan digunakan yaitu strategi pembelajaran berdiferensiasi.Dengan langkah pertama yang dilakukan adalah memetakan kesiapan dan kebutuhan belajar murid.

Karakteristik Pembelajaran Berdiferensiasi

  • Memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas 
  • Lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar
  • Manajemen kelas yang efektif
  • Guru mengidentifikasi dan merespon kesiapan dan
  • kebutuhan belajar murid
  • Terdapat penilaian berkelanjutan
Pembelajaran Berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dengan melakukan pemetaan kebutuhan 3 aspek yaitu :
  1. Kesiapan Belajar
          Guru perlu melihat kesiapan belajar murid untuk mengetahui kapasitas murid mempelajari                     materi, konsep atau keterampilan baru

     2. Minat Belajar 
         
         Guru memberikan pilihan kepada muridnya untuk belajar sesuai dengan minatnya. Belajar sesuai            minat dapat meningkatkan motivasi murid untuk belajar. 

     3. Profil Belajar 

        Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk belajar secara alami dan efisien  bergantung            dari gaya belajarnya, kecerdasan majemuknya, pengaruh budaya dan lingkungannya.

Pembelajaran Berdiferensiasi dapat membantu murid mencapai hasil belajar yang optimal dengan cara berikut :
 Guru dapat menerapkan 3 strategi diferensiasi secara tepat, yaitu:

Diferensiasi Konten:
Guru perlu menyesuaikan materi/konten pembelajaran dengan kebutuhan belajar murid yang beragam, mempertimbangkan dari pemetaan kebutuhan, kesiapan, minat dan profil belajar murid.

Diferensiasi Proses
Guru perlu memvariasikan proses belajar agar beragam, sesuai dengan kebutuhan belajar murid. Proses ini mengacu pada bagaimana murid memahami atau memaknai apa yang dipelajari.

Diferensiasi Produk
Guru perlu memodifikasi tagihan produk yang akan dihasilkan murid sesuai dengan konten yang telah mereka pelajari, dan proses yang telah mereka lewati.

TOLOK UKUR
 Aksi Nyata ini dikatakan berhasil jika :
  1. Adanya peningkatan ketercapaian tujuan pembelajaran
  2. Adanya pemetaan kesiapan dan kebutuhan belajar murid 
  3. Strategi pembelajaran yang dilakukan menggunakan diferensiasi konten, proses, serta produk.
  4. Melakukan penilaian berdiferensiasi sebagai tolok ukur ketercapaian tujuan pembelajaran.
Linimasa Tindakan Yang Akan Dilakukan -1:
  1. Menentukan tujuan pembelajaran
  2. Menentukan kebutuhan belajar murid: Kesiapan,profil dan minat belajar murid.
  3. Gaya belajar murid:Visual,Auditori dan Kinestetik
  4. Strategi Diferensiasi pembelajaran
                                                Linimasa Tindakan Yang Akan Dilakukan -2:

  1. Menyusun RPP berdiferensiasi berdasarkan pemetaan kebutuhan murid
  2. Melakukan pembelajaran berdiferensiasi 
  3. Melakukan penilaian pembelajaran berdiferensiasi
  4. Melakukan refleksi pembelajaran
Dukungan Yang Dibutuhkan
  1. Sumber belajar dan alat buku, papan tulis,video pembelajaran, gambar atau poster 
  2. Tenaga; Kepala Sekolah dan rekan sejawat untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi.


                                        TERIMA KASIH



Komentar

Postingan populer dari blog ini