Oleh :
Norhayathi Luther, S.Pd
CGP Angkatan 11
Kabupaten Bulungan
KALIMANTAN UTARA
Ruang Lingkup : Terintegrasi Mata Pelajaran
Untuk kompetensi yang saya kembangkan di sesi ini adalah :
- kesadaran diri (pengenalan emosi) dengan teknik bernafas dengan kesadaran penuh.
- pengambilan keputusan yang bertanggungjawab dengan teknik memeriksa diri
A. Teknik bernapas dengan kesadaran penuh yang dilakukan guru :1. Minta siswa untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik napas sedalam-dalamnya kemudian melepaskannya perlahan-lahan.
2. Guru memberikan tips untuk melakukan kegiatan STOP, agar peserta didik rileks dan semangat untuk melanjutkan kegiatan pembelajaran dengan langkah sebagai berikut :
STOP : berhenti melakukan kegiatan
Take a deep breadh: tarik napas dalam-dalam
Observasi : Amati apa yang dirasakan tubuh
Proceed : Lanjutkan Kegiatan
3. Lakukan sebanyak 5 kali.
Yang dikatakan pada siswa :
1. Anak-anak, mohon mohon untuk berhenti sejenak dari aktivitas yang kita lakukan.
2. Sekarang cobalah untuk duduk rileks tanpa menyandar pada kursi, badan ditegakkan,
usahakan bahu kiri sejajar bahu kanan, telapak kanan diletakkan, telapak kanan diletakkan dipaha dengan punggung tangan menghadap ke atas.
3. Jika sudah merasa nyaman, silahkan untuk menghirup udara dari hidung, rasakan udara yang masuk, kemudian buang secara perlahan, rasakan udara hangat yang keluar dari hidung.
4. Sekarang rasakan ketika menghirup udara, perut mengempis, dan rasakan perut mengembang ketika membuang napas.
5. Lakukan berulang 3-5x, sampai merasa segar kembali
6. Setelah melakukan teknik mindfulness tadi, tubuh dan fikiran kita kembali segar, kita akan melanjutkan kembali aktivitas pembelajaran hari ini.
Penjelasan tentang tujuan Kegiatan : Teknik ini dapat melatih memutuskan perhatian ( melatih focus ) sehingga meningkatkan daya konsentrasi dan memberikan rasa segar dan ketenangan.
B. Teknik Memeriksa Diri
Yang dilakukan guru :
1. Meminta siswa untuk menuliskan tentang perasaan yang dialami / dirasakan dan menuliskan isi pikirannya, setelah menjalani sebuah kegiatan atau peristiwa yang baru/menyenangkan/menantang lainnya.
2. Membantu siswa merumuskan pilihan keputusan yang akan diambil.
Yang Dikatakan Pada Siswa :
1. Anak-anak coba perhatikan roda emosi pluthcik dilayar ini.
2. Tuliskan perasaan yang kamu rasakan dan tuliskan isi pikiranmu setelah pembelajaran hari ini.
3. Tuliskan pada lembar refleksi yang sudah ibu bagikan.
4. Adakah hal baru dan menantang lainnya?
5. Tuliskan dengan bahasa yang baik dan benar !
Penjelasan Tentang Tujuan Kegiatan : Teknik ini bertujuan untuk melatih siswa mampu memeriksa perasaan dan mampu menuliskan perasaan yang dialami/dirasakan dan isi pikirannya, setelah menjalani sebuah kegiatan/peristiwa yang baru/ menyenangkan/ menantang.
RPP BERDIFFERENSIASI
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi
Satuan Pendidikan : SDN 032 Tanjung Selor
Kelas/semester : VI (Enam )/2 (dua)
Tema : Menjelajah Luar Angkasa
Sub Tema : Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa
Muatan Terpadu : IPA dan Bahasa Indonesia
Pembelajaran : 1
Waktu : 6x35 menit
A. KOMPETENSI INTI :
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak.
B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca,
4.2 Menyajikan hasil panggilan informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
IPA
3.6 Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
4.6 Membuat model sistem tata surya.
INDIKATOR
3.2.1 Menganalisis informasi teks ilmiah yang didengar atau dibaca.
4.2.1 Mempresentasikan hasil penggalian informasi melalui kalimat pertanyaan dengan kosakata baku dan kalimat efektif.
3.6.1 Menemukan persamaan serta perbadaan planet-planet.
3.6.2 Mengelompokkan planet sesuai dengan karakteristik anggota tata surya.
4.6.1 Menyajikan model sistem tata surya dalam berbagi bentuk (lagu,gambar,benda 3 dimensi atau gerak/formasi tari)
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan menggali informasi bacaan dari berbagai sumber (video,dan koran online), berbantuan crome book secara berkelompok, siswa dapat membuat pertanyaan dan serta menemukan persamaan dan perbedaan antara planet dan komet dengan tepat.
2. Melalui video, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi 3 kelompok dengan tepat.
3. Melalui diskusi siswa dapat membuat sistem tata surya dalam berbagi bentuk hasil pengelompokkan berupa (lagu,gambar,benda 3 dimensi atau gerak /formasi planet) dengan tepat.
4. Melalui desain pengelompokkan model tata surya, siswa dapat mempresentasikan hasil karya dengan baik.
D. MATERI POKOK
Sistem Tata Surya
E.PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : TPACK
Model : PBL
Metode : Penugasan, Tanya Jawab dan Diskusi, presentasi
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan:
- Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa dipandu salah satu siswa (orientasi).
- Guru melakukan absensi
- Siswa diajak untuk menyanyikan salah satu lagu Nasional dilanjutkan dengan tepuk dan salam PPK.
- Guru mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (motivasi)
(Sintak Model Problem Based Learning) Orientasi siswa pada masalah- Siswa mengamati video yang ditampilkan guru melalui link https://youtube/Gd-13jH2zWU (VIDEO JATUHNYA KOMET)
- Guru melakukan orientasi terhadap permasalahan yang ditemukan di video dan mengaitkannya ke materi Tata Surya.
- siswa menyimak penjelasan guru melalui media PPT tentang penemuan Galileo-Galilei dan
- siswa berdiskusi secara klasikal mengenai penemuan-penemuan Galileo dan dampaknya terhadap kehidupan manusia.
Mengorganisasi Siswa untuk belajar.
- Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dikelas atau dilingkungan sekitar sekolah (Diferensiasi: profil belajar lingkungan siswa belajar).
- Guru membagikan LKPD, kenmudian menyampaikan petunjuk pengerjaan LKPD.
- Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk mencari informasi bacaan dari berbagai sumber (dengan menonton video, dan membaca dari koran online) menggunakan chrome book yang diberikan kepada setiap kelompok.(Diferensiasi konten).
- Siswa menjawab pertanyaan pada LK 1 dan LK 2 dengan teman sebangku.
- Sebelum melanjutkan pembelajaran guru mengajak siswa bernapas dengan kesadaran penuh ( mindfullness) dengan melakukan teknik STOP, agar siswa merasa rileks dan semangat mengikuti pembelajaran dengan langkah-langkah :
a) anak-anak mohon berhenti sejenak dari kegiatan yang kalian lakukan, sekarang cobalah untuk duduk rileks tanpa menyandar pada kursi, badan ditegakkan, usahakan bahu kiri sejajar bahu kanan, telapak tangan diletakkan dipaha dengan punggung tangan menghadap ke atas
b) jika sudah merasa nyaman silahkan untuk menghirup udara dari hidung rasakan udara yang masuk. Kemudian buang udara secara perlahan, rasakan udara hangat yang keluar dari hidung.
c) Sekarang rasakan ketika menghirup udara, perut mengempis, dan rasakan perut mengembang ketika membuang napas.
d) Lakukan berulang 3-5x, sampai merasa segar kembali.
e) Anak-anak setelah melakukan teknik mindfullness tadi, tubuh dan pikiran kita kembali segar, mari kita lanjutkan kembali aktivitas pembelajaran hari ini.
Guru menjelaskan tujuan melakukan teknik STOP.
(Lembar observasi penerapan KSE teknik STOP terlampir.)
Membimbing Penyelidikan Individual dan Kelompok
- Secara individu siswa mengamati video dari link youtube: https://youtu.be/Xe-_5IdLPVc tentang pengelompokkan tata surya.
- Guru membimbing diskusi klasikal terkait video yang ditampilkan
- Siswa bekerjasama dengan teman sebangku untuk mendiskusikan pengelompokkan planet-planet berbantuan LK 3
- Guru bersama siswa membahas LK 1,2 dan 3 secara klasikal.
- Siswa mengerjakan kuis online https://quizzizz.com/join, untuk mengetahui tingkat pemahaman selama proses pembelajaran.
- Guru menyampaikan tugas proyek.
- siswa menyimak petunjuk yang disampaikan terkait tugas proyek secara berkelompok atau individu.(Diferensiasi proses).
- Siswa berdiskusi dengan teman terkait produk (keterampilan berelasi) pengelompokan tata surya yang akan dibuat.
- Siswa melanjutkan kegiatan dengan membuat produk pengelompokan tata surya melalui cara yang disenangi bisa berupa (puisi/lagu,gambar, gerak tari) (Diferensiasi produk)
- kegiatan bisa dilakukan di dalam atau diluar kelas. (pemetaan profil belajar : Lingkungan belajar)
Menganalisis dan mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah- Siswa mempresentasikan produk yang sudah dibuat tentang pengelompokan tata surya
- Guru menganalisis hasil pekerjaan siswa berupa proyek : lagu/puisi,gambar,benda 3 dimensi, formasi tarian,
- Guru mengevaluasi kinerja siswa saat mempresentasikan produk.
- Siswa membuat kesimpulan ( Creativiti)dengan bimbingan guru tentang pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
- Guru memberikan umpan balik dan mengajak siswa merefleksi pembelajaran yang sudah dilakukan.Dengan mengajak siswa menerapkan KSE dengan menampilkan "Roda Emosi pluthcik, dan menuliskan perasaan yang dialami setelah mengikuti pelajaran hari ini. Guru : "Anak-anak coba perhatikan roda emosi pluthcik dilayar ini. Tuliskan perasaan yang kamu rasakan dan tuliskan isi pikiranmu setelah pembelajaran hari ini. Tuliskan pada lembar refleksi yang sudah ibu bagikan.Adakah hal baru dan menantang lainnya? Tuliskan dengan bahasa yang baik dan benar.
(Lembar Refleksi terlampir )
- Guru memberikan tes tulis evaluasi secara individu di akhir pembelajaran
- Siswa mengumpulkan hasil tes formatif secara tertib.
- Guru mengakhiri pembelajaran dengan, salam penutup dan doa.
G. PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
Pengetahuan : Tulis
Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja dan Hasil ( presentasi dan produk )
H. PENGAYAAN DAN REMEDIAL
Pembelajaran remidial dan pengayaan merupakan tindak lanjut setelah dilaksanakan evaluasi atau penilaian pembelajaran.
Menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka, guru memberikan slot-slot waktu tambahan untuk :
Pengayaan:
Bagi siswa yang sudah mampu menguasai materi yang diajarkan saat itu dengan diberikan materi level yang sesuai dengan karakteristik siswa.
Remedial :
Remedial berlaku bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai analisis kesulitan belajar.
I. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA BELAJAR
- Chrome book (search engine) mencari informasi peristiwa
- LCD / Proyektor,dan leptop
- LKPD
- Video Pembelajaran You tube https:// youtu.be/Gd_I3jH2zWU dan https://you tube/Xc-_5IdLPVc
- Buku guru dan murid Tema 9 Kelas VI Kemdikbud Revisi 2018.
Refleksi Guru.
Catatan Guru
1. Masalah :
2. Ide Baru :
3.Kejadian Khusus :
J. STRATEGI DAN ALAT PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Strategi : Observasi
Alat : Jurnal Pengamatan sikap
Lembar Observasi Sikap
|
Karakter
Dasar
|
Indikator
|
Sangat
Baik
|
Baik
|
Perlu
Bimbingan
|
Ketaqwaan
|
Berdoa
sebelum dan sesudah pembelajaran dengan khusus
|
|
|
|
Kerjasama
|
Bisa
menerima masukan /saran dari guru, dan teman belajar
|
|
|
|
Berpikir
Kritis
|
Mampu
menyampaikan pertanyaan dan menanggapi pertanyaan atau permasalahan yang
diberikan oleh guru atau teman
|
|
|
|
Kreatif
|
Mampu
membuat dan menyajikan produk dengan penjelasan dari produk yang telah
dihasilkan
|
|
|
|
Mandiri
|
Mengerjakan
tugas dengan penuh percaya diri, tanggungjawab dan tepat waktu dalam
menyelesaikan tugas.
|
|
|
|
Lembar
Observasi Penerapan KSE
Kriteria
Aspek yang diamati
|
Tidak
Terlihat
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Terlihat
|
Pembelajaran sudah menerapkan
Kompetensi Sosial Emosional
|
|
|
|
|
Penerapan teknik kompetensi
sosial emosional yang digubakan sudah sesuai dengan tujuan Kompetensi Sosial
Emosional yang ingin dicapai dan relevan dengan mata pelajaran.
|
|
|
|
|
Teknik penerapan
pembelajaran kompetensi sosial emosional yang sudah sesuai dengan tujuan karakteristik
siswa pada jenjang pendidikan yang dituju.
|
|
|
|
|
(Keterangan : beri tanda centang pada kolom yang sesuai
dengan observasi )
2. Penilaian Pengetahuan
Strategi : Tes Tertulis
Alat : Soal Pilihan Ganda
Nilai = Skor Maksimal (10) x 10
3. Penilaian Keterampilan
Strategi : Unjuk kerja
Alat : Check list
Indikator
|
Check list
|
|
Tercapai
|
Berkembang
|
Baru mulai
|
Catatan Tambahan terkait
diferensiasi
|
Keterampilan proses (saat
membuat produk)
|
|
|
|
|
Kemampuan menyajikan hasil
analisis dalam bentuk kalimat dengan kosakata baku
|
|
|
|
|
Indikator
|
Kriteria
|
|
Tercapai
(4)
|
Berkembang
(3)
|
Baru
mulai terlihat
(
1-2 )
|
Catatan
Tambahan terkait diferensiasi
|
Kesesuaian bentuk karya
dengan tema
|
|
|
|
|
Kerapian dan kebersihan
|
|
|
|
|
Ketepatan pengelompokkan
tata surya
|
|
|
|
|
Strategi : Unjuk Kerja
Nilai = Skor maksimal x 10
12
Mengetahui Tanjung Selor, 13 September 2024
Kepala Sekolah Guru Kelas VI
Sukasih Eko Utomo.S.Pd Norhayathi Luther, S.Pd
NIP.19781017 200811 009 NIPPPK.197911112022212006
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
(LKPD)
Nama Kelompok :
1.
2.
3.
4.
Tujuan Pembelajaran
- Dengan menggali informasi bacaan dari berbagai sumber (video, dan koran online) berbantuan chrome book secara berkelompok,siswa dapat membuat pertanyaan dan serta menemukan persamaan dan perbedaan antara planet dan komet dengan tepat.
- Melalui diskusi siswa dapat, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi tiga kelompok dengan tepat.
- Melalui diskusi siswa dapat membuat sistem tata surya dalam pengelompokkan berupa (lagu, gambar,benda 3 dimensi atau gerak/formasi planet)
- Melalui desain pengelompokkan model tata surya, siswa dapat mempresentasikan hasil karya dengan baik.
Lembar Kerja
Petunjuk :
Buatlah 5 pertanyaan sekaligus pembahasannya tentang informasi planet dan komet yang sudah ditemukan dari berbagai sumber,tulislah pertanyaan dan diskusikan bersama teman kelompokmu.
Pertanyaan :
1. ......
2. ......
3. ......
4. ......
5. ......
Jawaban :
1. ......
2. ......
3. .....
4. .....
5. .....
Lembar Kerja 2:
Petunjuk :
Berdasarkan hasil diskusi, jelaskan persamaan dan perbedaan antara planet dan komet!
1.Tuliskan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet!
|
Komet
|
Planet
|
Persamaan
|
|
|
Perbedaan
|
|
|
2. Tuliskan contoh (nama) Komet dan Planet yang kalian ketahui !
LEMBAR KERJA 3
PETUNJUK :
Setelah menggali informasi dari berbagai sumber diskusikan lah bersama teman sebangku tentang pengelompokan planet yang ada dalam sistem tata surya.
1. Pengelompokan planet berdasarkan... jarak ke matahari
Planet..
dalam
|
|
Planet...
Luar
|
|
2. Pengelompokkan planet berdasarkan.. Bumi sebagai pembatas
Planet.. interior
|
|
Planet... superior
|
|
3. Pengelompokan planet berdasarkan... ukuran dan komposisi penyusunannya
Planet.. Terrestrial
|
|
Planet... Jovian
|
|
Hari/Tanggal:
Nama :
Absen :
Bahasa Indonesia
1. Tata Surya merupakan sekumpulan benda-benda langit (1) yang terdiri atas Matahari dan semua objek yang berputar mengelilinginya, (2) termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui (3) dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil, 173 satelit alami yang telah didentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya. (4). Dari teks diatas, kalimat yang tidak efektif ditujukkan pada nomor...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
2. Menurut hasil penelitian para ahli ini tata surya melalui proses yaitu matahari dan planet berasal dari kabut yang berpijar yang terikat di dalam jagat raya Bagian yang terdekat dengan matahari adalah bagian sistem yang berbentuk piringan dimana seluruh planet berada pada bagian ini. Semua obyek berputar di sekitar matahari karena adanya gaya tarik grafitasi. Di bawah ini adalah kata baku yang ada di teks yaitu....
A. Sistem
B. Obyek
C. Grafitasi
D. Berpijar
3. Sistem tata surya memiliki banyak benda-benda langit yang mengelilingi tata surya, bagian- bagian dari langit itu berjalan sesuai dengan strukturnya yang secara teratur yang saling melengkapi satu sama lain agar tidak menimbulkan kerusakan pada anggota-anggota planet lainnya.
Pertanyaan yang tepat dari informasi di dalam teks adalah.
A. Bagaimana tata surya terbentuk?
B. Bagaimanakah pergerakan tata surya ?
C. Mengapa tata surya mengelilingi matahari?
D. Mengapa kerusakan bisa terjadi di tata surya?
4. Mars dijuluki sebagai 'planet merah', Mars merupakan planet di urutan keempat dalam tata surya. Mars memiliki atmosfer yang sangat tipis, dingin, berdebu, padang pasir atau gurun. Planet Mars juga terkenal dengan gunung berapinya yang besar dan lembah yang dalam Bahkan planet ini merupakan yang paling sering terjadi badai angin dibandingkan dengan planet lainnya.
Teks diatas menyampaikan informasi tentang...
A. Penjelasan sistem tata surya
B. Proses pembentukan planet
C. Ciri-ciri planet mars
D. Bagian-bagian planet
5. Pernyataan dibawah ini merupakan kalimat efektif, yaitu ...
A. Dengan letak jupiter yang sangat lebih jauh dari planet yang lainnya namun jupiter mudah dilihat dengan kasat mata karena ukurannya yang sangat besar dan memantulkan lebih dari 70% cahaya matahari yang diterimanya.
B. Saturnus merupakan planet yang tercantik diantara planet-planet lainnya dikarenakan oleh saturnus memiliki cincin yang mengelilingi planet karena ukuran cincinnya lebih besar dibandingkan dengan planet yang lainnya.
C.Planet Neptunus ini memiliki kesamaan dengan Uranus memiliki atmosfir yang terdiri dari helium dan hidrogen serta memiliki gas metana yang sama dengan planet neptunus.
D. Planet terbagi menjadi 7 yaitu mercurius, venus, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, neptunus, yang memiliki berbagai macam variasi dengan bentuk ukuran tertentu pada setiap planet.
IPA
6. Planet yang terkecil dalam tata surya kita adalah....
A. Yupiter
B. Mercurius
C. Bumi
D. Mars
7.Yang dimaksud dengan tata surya adalah .....
A. Matahari
B. Matahari beserta benda angkasa yang mengitarinya
C. Bumi dan Bulan
D. Planet-planet
8.Berikut ini yang tidak termasuk planet dalam adalah .....
A. Mercurius dan Venus
B. Mars dan Mercurius
C. Saturnus dan Uranus
D. Bumi dan mars
9. Matahari dikelilingi planet-planet karena ....
A.Matahari lebih besar dan terang
B.Suhu matahari sangat tinggi
C.Matahari terletak pada pusat tata surya
D.Gaya tarik matahari sangat besar
10.benda langit berikut ini yang termasuk anggota tata surya adalah ....
A. Galaxi andromeda
B.Rasi bintang
C.Batu bintang
D.Satelit bumi
Kunci Jawaban :
1. A
2.D
3. B
4.C
5.C
6.A
7.B
8.C
9.C
10.B
Lembar Refleksi Siswa
(Mari memeriksa Diri Kita)
Nama :
Absen :
Kelas :
Petunjuk:
- Anak-anak ciba perhatikan gambar "Roda Emosi Pluthcik" dibawah ini !
2. Tuliskan peraasaan yang kamu rasakan serta tuliskan isi pikiranmu setelah menerima pembelajaran hari ini ! ............................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................
3. Adakah hal baru atau menyenangkan atau hal menantang lainnya ?
............................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................
4. Gunakan dengan bahasa yang baik dan benar!
(setelah melakukan kegiatan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Pembelajaran KSE )
1. Apakah yang dirasakan pada saat merencanakan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran Sosial Emosional ?
......................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................................................
2. Apakah yang dirasakan setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dan Pembelajaran Sosial Emosional?
.....................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
3. Pembelajaran apa yang didapatkan setelah melakukan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran Sosial Emosional?
......................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................
4.Rencana apa yang akan dilakukan untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya agar lebih menarik dan berpihak pada siswa?
......................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................
.......................................................................................................................................................................................
Komentar
Posting Komentar